Kamis, 26 Juni 2008

mesin n body bus
Bis-bis yang berkeliaran di Indonesia rata-rata menggunakan mesin Mercedez Benz, Scania, Volvo, Hino, MAN, Fuso. Sedangkan untuk body bus digarap oleh yang namanya karoseri, yaitu pr\erusahaan yang memproduksi body bus beserta kulitnya alias gambar dan catnya, ada beberapa karoseri bus yang beken di Indonesia antara lain Laksana, New Armada, Gaya Teknik, Tentrem, Adi Putro, Rahayu Sentosa, Tri Sakti, Delima Mandiri.
menurut saya untuk mesin hino punya kelemahan. suara “motor brake” kenceng banget jadi kayak naek truk.coba…bandingin ama mercy. seri OH-1518 ampe OH-1525 atau generasi terbaru IBC 1632 n CBC xxxx(rhs*_*). “motor brake” nggak ampe nangis kan?terus..handbrake hino yang kadang ngelos…aduh wedeni tenan….
Bis-bis Volvo, Scania (harga 1 unit bus scania kira2 1 M) atau MAN sudah memakai air suspension dan memakai disc brake. Untuk Mercedes Benz hanya type CBC 1725 dan ICB 1632 saja yang sudah memakai air suspension. Bis type itu menurut kabar baru Lorena, Kramat Jati & Damri saja yang punya. Oh iya, Mercedes yg Neoplan juga pakai air suspension. Tapi bis itu udah jarang dipakai untuk trayek luar kota, karna umurnya dah lumayan tua (denger2 itu bis bekas dari Hongkong). Tapi masih dipakai untuk bis pariwisata. Sedangkan Mercedes yg banyak beredar di pasaran, yaitu type 1518, 1521 dan 1525 masih memakai leaf suspension.Berdasarkan pengalaman saya, kenyamanan bis yg sudah memakai air suspension rata2 sama untuk tiap merk (kecuali yg Hino air suspension, belum pernah nyoba, Kramat Jati & Pahala Kencana punya). Cuman soal urusan ngebut, saya masih pegang Scania. Punya gigi maju sampai 8 speed, tenaga sampai 360 HP, terbesar dibanding yg lain. Bis2 merk lain hanya masih di seputaran 180 - 250 HP, kecuali MB IBC 1632 yg sampai 320 HP.

Tidak ada komentar: